Jumat, 29 Januari 2010

Kegiatan PMR madya SMP N 2 klaten


Kegiatan pmr madya smp n 2 klaten diadakan setiap hari senin pukul 03.00 – 04.30 WIB.kegiatan tersebut dibina oleh ibu sri darwanti,siswa yang mengikuti kegiatan PMR adalah siswa kelas VII,sedangkan yang memberi bimbingan adalah anak kelas VIII,yang sudah dipilih oleh kader PMR sebelumnya.
PMR adalah kegiatan yang mengajarkan tentang rasa kemanusiaan terhadap sesama secara teori dan praktek. Didalam PMR,siswa dituntut untuk bisa melakukan pertolongan pada sesama.
Tidak hanya siswa didik yang dituntut untuk bisa melakukan pertolongan pada sesama tapi juga para kader PMR harus bisa menyampaikan materi dengan jelas dan tidak membuat siswa didik menjadi jenuh agar kegiatan PMR dapat berhasil.
Setiap akhir bulan PMR madya memberikan ulangan praktek untuk mengukur seberapa besar daya serap siswa didik untuk menerima materi dari kader PMR dan juga ada ulangan tertulis yang dilaksanakan tiba-tiba tanpa diketahui oleh siswa didik sebelumnya.
Untuk pemilihan kader PMR yang baru, PMR akan menyelenggarakan diklat PMR . diklat yang dilaksanakan 2 hari 1 malam ini merupakan acara yang diselenggarakan untuk menguji kemampuan calon kader PMR yang baru apakah mampu untuk menjadi seorang pembimbing atau tidak.
PMR juga sering mengirim siswa didik atau kader untuk mengikuti lomba. Biasanya yang dikirim lomba adalah anak-anak yang lebih unggul dalam praktek daripada penguasaan materi.
Dan kader-kader yang sudah kelas 3, akan digantikan oleh adik-adik kelas 2. PMR juga memberikan pertanyaan-pertanyaan yang sudah diajarkan dalam materi.

Pendidikan dan pelatihan PMR

Untuk mendirikan atau menjadi anggota palang merah remaja disekolah, harus diadakan Pendidikan dan Pelatihan Diklat untuk lebih mengenal apa itu sebenarnya PMR dan sejarahnya mengapa sampai ada di Indonesia, dan pada diklat ini para peserta juga mendapatkan sertifikat dari PMI. Dan baru dianggap resmi menjadi anggota palang merah apabila sudah mengikuti seluruh kegiatan yang diadakan oleh palang merah remaja disekolah.

Jumbara

Jumbara atau Jumpa Bhakti Gembira adalah kegiatan besar organisasi PMR seperti halnya jambore pada organisasi Pramuka.Jumbara diadakan dalam setiap tingkatan. Ada jumbara tingkat kabupaten, daerah dan Jumbara Nasional. dimana pelaksanaanya disesuaikan dengan kemampuan PMI daerah yang bersangkutan.

Tribakti PMR

dalam PMR ada tugas yang arus dilaksanakan, dalam PMR dikenal tri bakti yang harus diketahui, dipahami dan dilaksanakan oleh semua anggota. TRIBAKTI PMR tersebut adalah:

1. Berbakti Kepada Masyarakat
2. Mempertinggi Mutu Ketrampilan dan Memelihara Kebersihan Serta Kesehatan.
3. Mempererat persahabatan nasional dan internasional.

Tingkatan PMR

Di Indonesia dikenal ada 3 tingkatan PMR sesuai dengan jenjang pendidikan atau usianya

1. PMR Mula adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Dasar warna emblem Hijau
2. PMR Madya adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Menengah Pertama warna emblem Biru Langit
3. PMR Wira adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Menengah Atas warna emblem Kuning

Prinsip dasar kepalangmerahan

Seperti halnya pramuka yang memiliki dasadharma pramuka, maka dalam PMR dikenal 7 Prinsip Dasar yang harus diketahui dan dilaksanakan oleh setiap anggotanya. 7 Prinsip DasarThe Wikipedia (2010-01-11). 7 Prinsip Dasar tersebut adalah:

1. Kemanusiaan
2. Kesamaan
3. Kenetralan
4. Kemandirian
5. Kesukarelaan
6. Kesatuan
7. Kesemestaan

yang biasa disingkat menjadi ManSaNeManSuSaSe agar mudah diingat dan dijalankan.
PMR dan INDONESIA

PMR adalah organisasi di Sekolah yang wajib diikuti oleh siswa/siswi, karena harus ada Unit Kesehatan Sekolah UKS. Ada beberapa tingkatan PMR yaitu, Tingkat mula, madya dan wira. Tingkat mula adalh untuk anak berusia 6-12 tahun (anak SD). Untuk madya, anggotanya adalah siswa setingkat SMP. Sedangkan wira untuk remaja setingkat SMA.

0 komentar:

Poskan Komentar

valentine day's

Bedil-Bedilan

Bla...Bla...Bla......

BrOken hEaRt